Rabu, 15 April 2009

Tips agar berhasil budidaya lele dumbo

Sudah baca "Peluang bisnis budidaya lele" belum? kalo belum kayaknya reader harus baca dulu deh, sebelum baca yang ini (buruan baca dulu...!!!) (klik untuk baca) biar dong.
Nah kalo udah baca, ni gue kasih tips agar budidaya lele berhasil dan cepat panen!
Siap.........?!
Yang Pertama:
Hitung dulu jumlah bibit yang mau dibudidayakan, jangan mudah percaya omongan si penjual bibit, pastikan jumlah bibit yang kita beli BENER-2 6000 ekor jumlahnya!
ini penting, jangan sampai entar waktu panen, NGAMUK-NGAMUK apalagi kalo STRESS karena hasil panennya sedikit sebab jumlahnya berkurang banyak.

Yang kedua:
Kalo bisa tuh bibit disortir dulu sebelum dibudidayakan!
Maksudnye, pisah antara bibit lele yang kecil dengan yang besar,
yang kecil taruh di lahan 1, yang sedang di lahan 2, yang gede ditaruh di lahan 3
Jadi ketika awal pembudidayaan sudah ada 3 lahan, OK Kang!

Yang Ketiga:
Yang Rajin Ngecek Kadar keruh dan bau air lahan!
Jadi nggak-nggak nya setiap 1 minggu sekali lho semua kudu ada waktu buat menguras lahan, Ukurannya kalo baunya sudah bau busuk, ya mesti cepet-cepet dikuras,
Ya gak apa-apa sih kalo airnya sudah bau dan keruh tapi nggak cepet dikuras,
paling banter ikannya mati 1/4, MAU?

Yang Keempat:
Yang rajin memilah ikan lele, yang gede pisahin dari yang kecil, karena LELE itu sifatnya KANIBAL kayak Sumanto, jadi tega banget kalo makan temannya sendiri,
gue pernah budidayakan lele 8000 ekor, nggak pernah gue sortir, setelah 1 bulan gue itung lagi lelenya tinggal 6300 ekor, kemana ya yang 1700 ekor? gue jadi bingung, setelah aku sortir ternyata ada lele yang ukurannya segede pisang ambon, padahal yang lain seukuran ibu jari, jadi itu tuh biang keroknya.
Paling tidak setiap 15 hari harus ada pemisahan lele.

Yang Kelima:
Buat Lahan yang agak banyak, gue anjurin dengan jumlah lele 6000 ekor, kita buat lahan sejumlah 7 lahan, tentgunya nggak perlu ukuran 3 m x 3 m, tapi cukup 2 m x 2 m saja, tujuannya apa? Gue Jelasin tujuannya:
1. Untuk memilah 6000 ekor lele itu jadi 6 bagian bukan 3 bagian, mungkin 1000 an
2. Kan berarti ada 6 tuh, sisa 1 lahan, nah yang 1 lahan itu untuk memisah lele yang doyan makan sehingga perkembangannya terlalu cepat n ukurannya extra gede.
3. agar lele cepet gede, dimana-mana yang namanya ikan kalau lahannya luas cepet gede, nah di sini juga 1 lahan isi 1000 akan lebih cepet gede dari pada 1 lahan isi 2000 ekor
4. Pemberian pakan lebih merata, kalo 1 lahan isinya banyak pemberian pakan nggak rata, kasihan yang kebagian pakan sedikit
5. Panennya bisa bertahap, 2 bulan insyaAllah sudah ada yang bisa dipenen, 3 hari berikutnya secara bertahap bisa panen lagi.
6. Kayaknya sudah tuh tips nya, kalo telaten nerapin insyaAllah sukses.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com